Prodi

Kirim Delegasi 2 Pembahas dan 6 Panelis; Bukti IAIN Kudus Berperan Aktif dalam AICIS 2023

Blog Single

AICIS (Annual international conference on Islamic Studies) yang ke 22 tahun 2023 bertempat di UIN Sunan Ampel, Surabaya. Forum ilmiah yang bergengsi ini dilaksanakan mulai hari selasa sampai Jum’at , 2 - 5 Mei 2023.  AICIS adalah wadah untuk mendesiminasikan buah pikir dari para akademisi di lingkungan PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) baik negeri maupun swasta untuk memberikan kontribusi pada pemecahan permasalahan bangsa. Adapun tema yang diangkat pada AICIS ke 22 ini adalah : Recontextualizing fiqih for equal humanity and sustainable peace. 

 


Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc, M.Si sangat mengapresiasi suksesnya pelaksanaan AICIS 2023 ini. Bahkan IAIN Kudus berperan aktif dalam gelaran AICIS 2023 dengan mengirim delegasi 2 discussant (pembahas) dan 6 panelis, mereka adalah: Dua discussant (pembahas) dari IAIN Kudus, Rektor IAIN kudus Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc, M.Si  dan wakil rektor I IAIN Kudus  Prof. Dr. H. Ihsan, M.Ag. Adapun enam panelis adalah sebagi berikut : H. Wahibur Rochman,S.E, M.Si.,Ph.D  Dekan FEBI IAIN Kudus dan sebagai chair pada sesi Invited Panel,  Dr. H. Ahmad Atabaik, Lc, M.S.I yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin dengan paper berjudul The quranic exegesis by female's jihadis in Indonesia, Dr. Muhammad Mustaqim, M.M, managing editor QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies)  dengan judul paper Muslim Entrepreneur Behavior in Kudus: Spirituality, Religiosity, and Business.  Dr. Bayu Tri Cahya, S.E, M.Si dan Indah Dewi Maharani dengan judul paper Harmony of Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah Philosophy, Tungku Tigo Sajarangan Local Wisdom and Economic Sustainability in the Realm of Minangkabau, Kharis Fadlullah Hana, M.E.,RSA dengan judul paper Branchless Banking: Service Innovation Through AdditiveModels and Transformational Models at Bank Syariah, Dr. Abdul  Fatah, M.Si dengan judul paper Revisiting Classical Exegesis on Nusyuz and it's relevance in Contemporary Indonesia. 
Selain itu, Jurnal QIJIS yang baru saja memperoleh peringkat 1 Asia untuk 2 kategori (Sebagai peringkat pertama asia kategori cultural studies dan peringkat pertama Asia kategori History), juga dipercaya pada forum ilmiah ini untuk menjadi bagian penting dalam invited panel pada AICIS 2023. 
Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang juga didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dilanjutkan dengan plenary session dengan menghadirkan Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf pada pagi harinya, Rabu 3 Mei 2023 dan diikuti paralel session dari semua peserta sampai kamis 4 Mei 2023 sedangkan penutupan pagelaran ilmiah tahunan ini ditutup oleh wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi.

 

 

Share this Post: